Slideshow

"WAPAN PA KAWAL DEPAN PTA DALAM VALIDASI DATA PERKARA" ANTON KETIKA BIMTEK APLIAKSI PERKANTORAN PEMERIKSAAN PERKARAPENGADILAN AGAMA SEWILAYAH PROVINSI SUMATERA SELATAN





Humas| PTA-Palembang.net||05/10/2013
Palembang - Hari Kedua Bimbingan Teknis Aplikasi Perkantoran di isi dengan Pemaparan tentang Aplikasi SIADPA yang menjadi nara sumber dari kegiatan tersebut adalah Mohammad Anton Dwi Putra, S.H Hakim Pengadilan Agama Kayuagung dan juga merupakan salah satu Tim Nas SIADPA.in
Narasumber pertama-tama mereview kembali aplikasi SIADPA yang pada pertama kalinya lahir berbasis under MS DOS yang terus berkembang hingga saat ini, kegiatan bimtek yang di hadiri oleh Wapan, Operator SIMAK-BMN, SAKPA, Kepegawaian sewilayah hukum PTA Palembang.

setelah mereview SIADPA dilanjutkan dengan membedah Aplikasi SIADPA tiap Pengadilan Agama baik secara ONLINE menggunakan www.infoperkara.badilag.net  maupun secara Offline dengan Menggunakan Aplikasi SIADPA dari masing masing wilayah PA sewilayah PTA Palembang. Selain memvalidasi Narasumber juga memberikan solusi setiap kali terjadi kesalahan.
Narasumber juga berpesan bahwa sebaiknya sebelum aplikasi SIAPDA di upload ke www.infoperkara.badilag.net sebaiknya melakukan validasi secara offline dengan aplikasi pengawasan ataupun dengan menu validasi yang ada di SIAPA. sehingga data yang terupload ke badilag menjadi benar-benar valid. Narasumber juga mengatakan bahwa Wakil Panitera (WAPAN) PA adalah Kawal depan Pengadilan Tinggi Agama dalam memvalidasi perkara. dan juga menyarankan agar sebelum di upload data di valiadasi dahulu oleh WAPAN sehingga apabila terjadi kesalahan dapat di perbaiki segera.


Di tempat yang sama Narasumber juga memberikan materi SIADPA kepada Hakim Tinggi PTA Palembang, serta Wakil Ketua, Hakim Pengawas Bidang pengadilan agama sewilayah Provinsi sumatera selatan. yang sedang malaksanakan kegiatan Bimtek  Pemerikasaan dan Pengawasan . Narasumber menjelaskan bahwa begitu cepatnya apabila Hakim Pengawas bidang apabila menggunakan aplikasi Validasi SIADPA dan Aplikasi pengawasan, dan juga mevalidasi secara online di www,infoperkara.badilag.net. sehingga dapat memonitor dan langsung dapat memberikan informasi apabila terjadi kesalahan sehingga dapat memberika data yang valid.


Menurut salah satu peserta, kegiatan seperti ini sebaiknya dapat sering dilaksanakan sangat bermanfaat karena narasumber mengupas dengan detail aplikasi SIAPDA setiap Pengadila Agama Sewilayah Provinsi Sumatera Selatan dan juga memberikan solusi sehingga setiap PA dapat mengkoreksi dan meperbaikinya.